21/11/13

Mengalami Crash pada Adobe Flash Player & Mengatasinya

      Aplikasi Adobe


          Hmmm.., akhirnya teratasi juga masalahnya..., beberapa bulan yang lalu saya pernah mengalami browser (mozilla) terganggu, terus tiba-tiba crash, tapi komputer gak sampai mati alias ada tulisan di layar biru seperti  IRQ not less_or equal , terus bla bla dibawahnya ada tulisan dump, wah pokoknya bikin bete banget !. Walaupun terjadinya kadang-kadang tetapi bikin saya kesal juga. Belum lagi ketika mau memutar video streaming di Youtube, terjadilah crash alias mogok, cape deeh..!. saya cek kabel-kabel di komputer, mungkin IRQ yang salah, atau kabel internet salah juga, wah masih gak berhasil !
          Setelah searching di Mbah Google, akhirnya ada yang ngasih tau kalau komputer sering crash bisa disebabkan oleh kebanyakan (over) plugin, aplikasi error, dan bisa juga ada software yang harus di update, pada postingan sebelumnya telah saya ulas tentang Mozilla Firefox yang sering hang, Yahoo Messenger error... bla bla bla, yang disebabkan perangkat dan aplikasi yang belum terinstal seluruhnya, software yang sudah kadaluarsa, atau dengan kata lain versi lama yang harus diperbaharui, untuk mengatasinya. Nah, untuk kali ini saya ulas tentang Adobe Flash Player. Adobe adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang video, grafis, animasi dan pengembangan web .Oh ya, ada juga Adobe Shockwave Player, sebenarnya apa bedanya ?. Jika ada yang bertanya perbedaannya ; Shockwave Player itu hampir sama dengan Adobe Flash Player, karena merupakan plugin bagi browser Mozilla Firefox dan Google Chrome. Perbedaannya adalah :Shockwave menjalankan game atau video yang memerlukan kemampuan VGA dan membutuhkan Direct X, misalnya Direct X 9, sedangkan fungsi Adobe Flash Player untuk melihat yang berhubungan dengan Flash, misalnya : SWF, FLV. Video di Youtube formatnya FLV, jadi jika anda memutar streaming video di Youtube, ini menggunakan Adobe Flash Player.

Mengatasi masalah Crash pada Adobe Flash Player

         Buka browser anda,  pada bagian Tools, klik Add-ons, lalu periksa pada bagian plugin, mana yang harus di-update, pada bagian plugin (diatas) ada tulisan Check to see if you plugins are up to date selanjutnya anda download dan periksa pula pada bagian anti virus (biasanya ada Mc Affee, jika tercentang hilangkan centangannya), ketika berlangsung proses install, tutup program lainnya, setelah terinstal, maka pada bagian plugin dibawahnya akan ditampilkan tulisan These plugins are up to date.

Cara lainnya
Setelah Adobe Flash anda ter-install :
  • Open (buka) C : \ Window \ System 32 \ Macromed \ Flash

 

  • Cari file mms. cfg, lalu buka melalui notepad
  • Jika sudah terbuka,  tambahkan ini : ProtectedMode=0


  • Terakhir, save dan tutup notepad.


          Demikian ulasan saya untuk kali ini, mudah-mudahan bermanfaat, selamat beraktifitas.


30 komentar:

  1. Mantap caranya Bro... :)
    Ane berhasil mengatasi Crash Adobe Flash Player di komputer ane.
    Pokok'e MANTAP deh caranya..Simpel & gak ribet.
    Trims Gan...

    BalasHapus
  2. Mantap Caranya Gan... :)
    Ane berhasil ngatasi Crash Adobe Flash Player di Komputer ane.
    Pokok'e MANTAP deh caranya..Simpel & Gak Ribet.
    Trims ya Gan, sudah berbagi....

    BalasHapus
  3. gan buka notepad nya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik kanan saja (pd mouse), ada option open with, lalu gunakan notepad

      Hapus
  4. aku ngga ada file mms.cfg nya gmana tuh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka file (sesuai windows yg digunakan, ada di folder jika windows 32 bit, ada di C : windows/system32/macromed/flash dan jika windows 64 bit, ada di C: windows/syswow64/macromed/flash, pilihlah All File pada menu file type

      Hapus
  5. Balasan
    1. Coba diubah di properties pd file system.ini
      Lokasinya ada di C:\Windows\system.ini
      lalu hapus centang "read only"

      Hapus
    2. system.ini nya aku cari gak ada, saran lain bang?

      Hapus
    3. Sudah periksa lagi ?
      Coba lakukan
      [klik Start -> Run -> ketikkan system.ini]

      Untuk kasus "acces is denied" ada berbagai sebab, bisa karena file corrupt,
      Anda mungkin perlu untuk membuat file system.ini yang baru jika,
      setelah menggunakan prosedur pemecahan masalah standar untuk menentukan penyebab masalah, file System.ini menjadi salah, hilang, atau rusak.
      ini ada hubungannya dgn registry di windows (yang digunakan windows 7, 8 atau xp?)
      langkah-langkah membuat file system.ini yang baru bisa kunjungi http://support.microsoft.com/en-us/kb/140441

      cara lainnya dalah instal ulang windows

      Hapus
  6. thx gan .... work dgn cara 2 ..... kalau update malah blank ..... untuk kasus saya

    BalasHapus
  7. saya udah coba mas. tapi kok ngk bisa ya? tetap crash di versi 16 ini

    BalasHapus
  8. kok saya tetap ngk bisa ya mas? saya sudah update sama versi 16

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa, mungkin aplikasinya error, jika msh error di-remove (pada control panel), coba install ulang, jika masih ada crash biasanya ada perintah install plugin-nya kemudian cek apakah sudah update, seperti yg dijelaskan pd postingan diatas

      Hapus
  9. akhirnya nemukan juga
    thanks infonya gan

    BalasHapus
  10. access denied,cara diatas juga gk bisa. gmna??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dgn yg Chika Fh, coba install ulang, hapus plugin yg tdk penting atau yg kadaluarsa

      Hapus
  11. Mantap mas, Alhamdulillah dengan cara ini saya berhasil dg cara ini. makasih.. :)

    utk masalah access denied. saya pertama mengcopy file mms-ny dulu ke disc E, trus yg file asli saya hapus. file copy-an saya edit dan ditambahkan dengan ProtectedMode=0

    stlh itu file tsb saya pindahkan ke folder semula.

    BalasHapus
  12. file mms. cfg nya gak ada gan, gmn thu..

    BalasHapus
    Balasan

    1. Jika di folder tersebut tidak ada file mms.cfg maka buatlah file tersebut dengan cara copas terlebih dahulu script berikut ini :

      SilentAutoUpdateEnable=0
      AutoUpdateDisable=0
      ProtectedMode =0


      paste ke notepad, save as, save as type All files, beri nama mms.cfg

      good luck

      Hapus
  13. Gan waktu aku buka youtube, ada tulisan adobe flash player is out of date. Lha gimana tuh solusi nya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Notifikasi tsb menandakan software sudah expired, biasanya diminta untuk meng-upgrade-nya ke versi terbaru, silahkan download saja ke :
      http://get.adobe.com/flashplayer/ , hilangkan centang pada Optional Offer, klik Install Now, terakhir Safe File, jika sudah coba lihat dilokasi tempat download kemudian dibuka dan klik Next. Jika sudah terpasang tutuplah browsernya, dan buka kembali. Untuk mengecek update atau tidak coba lihat plugin (di opsi Add ons) dengan nama Shockwave Flash,
      jika tidak ada tanda seru warna merah berarti Adobe Flash Player sudah berfungsi dengan baik,
      selamat mencoba

      Hapus
  14. Balasan
    1. Sorry baru baca comment-nya, seperti yg sudah sy jawab sebelumnya, fle mms bisa dibuat sendiri kalau memang tidak ada,caranya copas kode berikut :

      SilentAutoUpdateEnable=0
      AutoUpdateDisable=0
      ProtectedMode =0

      kemudian,
      save as type all files
      terakhir ketik mms.cfg
      selamat mencoba

      Hapus
  15. saat saya instal muncul tulisan "Windows could not run installation. you may be out of memory. close some file or programs, and then try again", tapi setelah saya tutup semua program dan saya restart komputer kemudian saya ulangi menginstal tulisan itu muncul kembali


    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang sudah ter-install, biasanya bagian plugin dibawahnya akan ditampilkan tulisan These plugins are up to date.
      Coba lihat pada ruang hard drive : Klik "Start" dan "My Computer." Klik kanan pada hard disk Anda, biasanya drive C. Klik "Properties." Jika Anda memiliki ruang bebas sangat sedikit yang tersisa, Windows akan memberitahu Anda bahwa memori hampir habis.Uninstall program yang tidak terpakai yang mengambil ruang di komputer. Klik "Start," "Control Panel" dan "Add or Remove Programs." Klik pada nama program. Klik "Hapus" dan "Ya."
      Cara lainnya : Memperbarui/update driver video Anda. Klik "Start" dan "Run." Ketik "dxdiag" di bidang Terbuka. Klik "OK," kemudian klik tab "Display". Perhatikan nama dan produsen kartu video Anda. Men-download driver terbaru dari situs web produsen.
      Cara lain : Ubah Program. Program yang telah grafis dan fitur visual ditingkatkan dapat memperlambat komputer Anda. Mengubah efek visual yang off.

      Mengubah efek visual dari Windows. Klik "Start" dan "Run." Masukkan "sysdm.cpl" di bidang Terbuka. Klik tab "Advanced". Klik "Pengaturan" dan "Visual Effects." Pilih "Adjust for best performance." Klik "OK."

      Cara terakhir : Install Ulang Windows, selamat mencoba

      Hapus